BERWISATA KE BALI

BERWISATA KE BALI
Bali merupakan Daerah Wisata di Indonesia yang sangat terkenal :

DAERAH WISATA BALI

1. Pantai Kuta, terletak di bagian Selatan kota Bali. Pantai Kuta merupakan Icon pariwisata Bali karena kelengkapan fasilitas penginapan, restoran, spa dll. Daerah wisata yang sangat terkenal karena sunsetnya dengan pasir putih yang membentang panjang sampai ke area airport Gusti Ngurah Rai.
Pantai Kuta digunakan untuk kegiatan Surfing dan kegiatan santai lainnya seperti Sunbathing. Penduduk lokal menjamu para wisatawan dengan kuliner khas Bali dan memasang tatto-tatto non permanen dengan motif  khas Bali.

BERWISATA KE BALI
Sekarang sudah berkembang dengan adanya Waterbom Bali yang dinikmati wisatawan lokal maupun asing. Dan disini terdapat beberapa permainan Race Track, Pleasure Pool, Lazy River, Raft River, Jungle rides dan di Kartika Plaza menyediaka  permainan Bali Slingshot dimana yang ingin di tembakkan sekitar 50 meter ke udara.
BERWISATA KE BALI
Pantai Sanur
 2. Pantai Sanur dimana pemandangannya sangat indah dimana sore hari saat air surut gelombangnya hanya merupakan riak kecil dan akan terlihat keindahan batu karang yang berwarna warni, juga terlihat pulau Nusa Penida di seberang lautan.
Saat pagi merupakan kenikmatan tersendiri berjemur dipasir putih.
Banyak pohon besar sehingga tetap teduh dan nyaman saat siang dengan udara segar yang terus berhembus.

Dengan gelombang yang tidak begitu besar sangat cocok untuk wisata keluarga.Saat mendekati bulan mati maka gelombang agak besar dan air laut naik.
Pantai Sanur ini terletak di sebelah timur dan selatan Desa Sanur sekitar 4 km dari kota Denpasar.
Yang saya ketahui Pantai Sanur merupakan lepas pantai Samudera Indonesia sebelah Selatan pulau Bali.
Pantai Sanur merypalan bagian sejarah dari pulau Bali karena di Blanjong bagian Selatan terdapat Prasasti Raja Kasari Warmadewa, Raja yang berkeraton di Singhadwala tahun 917.
BERWISATA KE BALI


3. Pura bukit Sari Sanggeh alam wisata yang terletak di Desa Sangeh, Badung, Bali kurang lebih 20km sebelah utara dari Denpasar dimana terdapat banyak kera jinak dan Pura Bukit Sari yang berada ditengah hutan pohon pala.
Kera yang jinak ini hidup berkelompok dan Pura Bulit Sari tempat Raja kera atau pemimpinya yang layak raja selalu didahulukan dalam pembagian makanan juga mendahului mengawini kera betina.
Terdapat Pura yang terdapat pahatan burung Garuda, menurut legenda cerita Samudramantana merupakan kendaraan Bathara Wisnu.
Banyak cerita Legenda di hutan Pala yang dianggao sakral ini semisal prajurit kera yang kelelahan dalam pertempuran melawan Rahwana dan Legenda pertapa putri kerajaan Mengwi yaitu putri Mayangsari dan penduduk percaya dewi ini menjadi putri Bethari Mayangsari.
Dikawasan ini banyak dijual cidera mata khas etnik ada yang berupa topeng terbuat dari pohon pule. Ada pohon Pule yang tumbuh di deoan wisata Sangeh yang merupakan pohon legenda  berbentuk aneh disebut pohon lanang wadon karena bentuknya bagian bawah berlubang dan ditengahnya ada batang akar yang mengarah kebawah.

BERWISATA KE BALI
4. Pantai Nusa Dua
4. Pantai Nusa Dua dan Tanjung Benoa adalah dua lokasi saling bersebelahan dengan karasteritik yang berbeda.
Nusa Dua merupakan daerah eksekutif dengan Resort besar bertaraf internasional bintang Letaknya disebelah tenggara Denpasar sekitar 40km.

BERWISATA KE BALI
Tanjung Benoa
5. Tanjung Benoa yang berlokasi 29 menit dari Airport Ngurah Rai, bersebelah dengan Nusa Dua terletak di ujung selatan pulau Bali dengan daya tarik yang berbeda.
Di sini dikenal sebagai pusat wisata air dan water sport, yang dibuka sebelum air surut sekitar jam pagi sampai siang hari. Permainan meliputi Parasailing, Banana Boad, Jetsky, Scuba diving, Glass bottom boad - berkunjung ke Turtle island atau pulau penyu, Rolling donat, Flying Fish, Snorkeling,  dan permainan menyenangkan lainnya. Pantai ini tidak berombak dan aman karena ada jaminan instruktur-instruktur yang menjaga keselamatan dan keamanan wisatawan sangat cocok untuk liburan keluarga.

BERWISATA KE BALI

6. Pura Besakih Pura yang merupakan Pura terbesar di Bali. Pura ini berbentuk komplek Pura dimana Pusat Pura Penataran Agung Besakih dan 18 pura pendamping, Satu Pura Basukian yang menurut legenda saat pertama kali Hyang Rsi Markendya menerima wahyu Tuhannya. Dikenal dengan agama Hindu Darma sehingga merupakan pusat kegiatan agama dari seluruh pura yang ada di Bali.
Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca simbol dari sifat Tuhannya Tri Murti : Dewa Brahma, Dewa Shiwa dan Dewa Wisnu yang merupakan pelambang Dewa pencipta, Dewa Pemelihara dan Deea Pelebur/ Reinkarnasi.
Pura Besakih ini berkaitan dengan Gunung Agung ( gunung tertinggi di Bali) karena tempat bersemayamnya Tuhan, dan Gunung Agung sebagai tempat bersemayamnya alam arwah para dewata yang menjadi utusan tuhan mereka.


BERWISATA KE BALI

7. Batu Bulan Bali, Desa yang terkenal dengan kerajinan Patung ukiran turun temurun yang terbuat dari batu.
Kaya akan legendaris kesenian tari dan seni ukir. Daerah Wisata ini dikenal sebagai tempat penyelenggaraan pertunjukan Seni Tari Barong, Tari Kecak dan Tari Legong.
Wisatawan dapat menikmati tarian ini setiap hari dengan duduk di kursi bambu sambil menikmati pemandangan sawah pedesaan yang luas.
Pada malam minggu diadakan tari Kecak dan tari Kuda Kepang dengan berjalan diatas bara api.
Lokasi Batubulan merupakan jalur menuju Kintamani dan Ubud merupakan agenda persinggahan Wisatawan.

8. Danau Batur yang berbentuk sabit yang dikelilingi tembok tinggi pinggiran kawah.
yang terdapat di lereng gunung Batur, gunung berapi kecil yang masih aktif dimana kawah yang dalam dan mata air panas yang bergolak. Gunung ini terletak ditengah-tengah kawah yang berdiameter 14km. Pada tahun 1917 gunung ini pernah meletus dan mengambil ribuan nyawa dan menghancurkan ratusan candi. Dan salah satu candi ini bernama Candi Pura Ulun Danu yang tadinya berada di dalam kawah kemudian dipindah kepuncak bukit.
Bersebelahan dengan gunung Batur dengan pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang sejuk, dikenal dengan nama Kintamani yang merupakan agenda para wisatawan Bali.

BERWISATA KE BALI

9. Pura Tanah Lot, Pura yang terletak di pantai tebing karang yang menjorok ke laut atau samudera Indonesia, dengan tebing yang menghubungkan jembatan berbentuk melengkung yang menghubungkan daratan dengan pura.
Tanah Lot dikenal para turis dan wisatawan dengan pemandangan sunset yang indah dan keadaan letak pura melatar belakangi sunset merupakan fenomena yang unik dan indah.
Obyek Wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraben Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.
Pura luhur Tanah Lot dibangun pada abad VXI oleh Dang Hyang Nirartha, pendeta Hindu Siwa, brahmana dari tanah Jawa.
Disekitar Pura ada sebuah gua yang dikenal tempat bersarangnya ular laut dan masyarakat sekitar meyakini sebagai ular suci karena ular ini adalah penjaga pura Tanah Lot. Yang menurut legenda ular ini jelmaan dari selendang pendeta hindu Dang Hyang Nirartha. Secara ilmiah ular adalah jenis ular laut yang  berekor pipih mirip ikan dengan warna hitam berbelang kuning yang mempunyai bisa 3 kali lebih kuat dari pada ular cobra.
Penduduk desa Beraben merupakan pengikut Danghyang Nirartha.

9. Pura Taman Ayun yang struktur bangunannya khas Bali; berbentuk meru atau atap yang bertingkat-tingkat dan dikelilingi telaga. Pura ini dibangun pada abad XVI oleh Raja Mengwi. Menuut legenda saat itu raja yang berkuasa adalah Badak Agung yang sangat berbakti kepada Tuhan dan beliau mendirikan tempat pemujaan dengan beberapa bangunan pura sebagai simbol  9 pura di Bali.

10. Ubud Bali merupakan agenda wisata seni dan budaya di kawasan ini terdapat
Museum Rudana dan Rudana Fine Art Gallery yang menyimpan 4000 lebih lukisan hasil karya para seniman,
Museum Puri Lukisan merupakan museum seni rupa penduduk Bali juga seni lukis wisatawan Asing yang berkarya di Ubud,
Wanara wana, adalah hutan kera lebih dikenal dengan Monkey Forest, ratusan kera menghuni kawasan ini sejak ratusan tahun. Terdapat Pura Dalem Padang tegal yang didirikan pada abad 20 dengan ornamen dan arsitektur kuno.
Puri Agung Ubud, adalah pusat pemerintahan kerajaan Ubud dimana Puri Ubud masih memiliki tata ruang yang dipertahankan seperti aslinya. Didepan gerbang Puri terdapat area Ancak Saji setiap minggu ada sanggar tari daerah dan setiap hari latihan musik gamelan.
Tukad Ayung, adalah kali atau sungai yang dipergunakan para wisatawan untuk arung jeram dan berkayak. Disepanjang tebing memiliki pemandangan yang indah dan terdapat puluhan hotel-hotel berbintang untuk peristirahatan wisatawan.
Desa pengrajin emas dan perak yang disebut Desa Celuk  dan Ukiran kayu khas etnik Bali di sepanjang perumahan penduduk dengan gallerynya banyak wisatawan mengunjungi untuk membawa cideramata yang mereka pilih.
Demikian Lokasi Ubud terletak diantara sawah dan jurang-jurang gunung yang membuat keindahan alam alami yang menakjubkan.
Disegala penjuru desa Ubun setiap hari mengadakan galeri kesenian tari dan musik etnik khas Bali dengan Upacara Hindu-Bali
Kerajinan unik desa Ubud membuat desa ini terkenal dipenjuru wisatawan asing, pebisnis dan wisatawan yang menikmati kesegaran desa tersebut.

11. Istana Tampak Siring, di daerah Tampak Siring yang dalam bahasa Bali Tampak berarti telapak dan siring  berarti miring yang menurut legenda tercatat di daun lontar merupakan telapak kaki seorang raja yang bernama Mayadenawa yang sakti dan pandai namun bertabiat pemurka yang menganggap dirinya dewa agar rakyat menyembah kepada raja. Sehingga Batara Indra murka dan mengirim balatentara untuk menghancurkan kerajaan Mayadenawa. Raja Mayadenawa lari masuk hutan dan berjalan dengan telapak kaki dimiringkan agar jejaknya tidak tertinggal. Dengan kesaktiannya Mayadenawa membuat mataair beracun yang menyebabkan banyak kematian pengejarnya dan Batara I dra membuat membuat mata air penawar racun yang diberi nama Tirta Empul (air suci).Tapi akhirnya dia tertangkap.
Tahun 1957 sampai 1960 Presiden Soekarno memprakasai pembangunan Istana kepresidenan yang berlokasi di Bali di areal perbukitan sekitar 700m diatas permukaan laut.
Para Wisatawan masuk melalui pintu tersendiri dengan disediakan lapangan parkir, candi Bentar, dan Koro Agung.
Istana ini terdiri dari wisma  Merdeka 1.200m; wisatawan dapat melihat Ruang tamu, kamar tidur I dan kamar tidur 2 Presiden. Ruang tidur keluarga, ruang kerja, dengan penataan yang indah. Disini wisatawan dapat menikmati lukisan pilihan dan patung-patung khas Bali.
Wisma Yudhistira, merupakan tempat penginapan rombongan kepresidenan semisal pengawal presiden dan pengawal tamu negara.
Wisma Negara, tempat menjamu para tamu negara. Wisma Bima serta Bangunan Serba Guna (gedung konferensi) untuk keperluan rapat kabinet, jamuan makan malam tamu negara, serta konferensi penting yang pernah diselenggarakan yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN XIV pada tanggal 7-8 Oktober 2003.
Tamu negara yang berkunjung ke Istana Tampak Siring adalah Raja Thailand  Bhumibol Adulyadej dan permaisuri, Ratu Serikit (1957), Presiden Myanmar Ne Win, Presiden Yugislavia yaitu Presiden Tito, dari Vietnam yaitu Presiden Ho Chi Minh,
Ratu Juliana dari Belanda, Kaisar Hirohito dari Jepang, Perdana Menteri Nehru dari India, dari Uni Sovyet yaitu Perdana Menteri Khurchev.
Di kawasan Istana Tampak Siring terdapat Pura Tirta Empul yang terdapat sumber mata air suci yang sakral dipercaya jika mandi disini akan membawa berkah.
Banyak terdapat Fasilitas penginapan, Wisata kuliner, rental mobil dan kios suvenir.

12. Nusa Penida
Objek Wisata keindahan alam dasar laut atau wisata Bahari dimana terdapat aneka ragam terumbu karang dan ikan-ikan yang beraneka warna. Nusa Penida dikenal para diving atau penyelam dengan daerah daerah yang bernama Penida Bay, Manta Point, Toyapakeh, Malibu Point, Batu Meling, Batu Abah, Batu Lumbung.
Kawasan ini dapat dijangkau dengan mudah daru Sanur, Kusumba dan Padang Bay.
Daerah Nusa Penida hanya merupakan daerah tanah berkapur dan kering. Tapi kenikmatan snorkeling dan diving tidak dapat disangkal.

13. Danau Bedugul yang disebut danau Tamablingan dengan suasana perbukitan bersuhu 18 derajat celcius.
Dengan menyewa speedbiad berkeliling danau disekitar danau terdapat wisata kuliner dan internasional kuliner.
Terdapat Kebun Raya Eka Karya Bedugul dan wisatawan dapat menikmati strawberry. Kebun Raya ini adalah hutan lindung berfungsi sebagai paru-paru pulau Bali.
Letak kebun ini di dataran tinggi antara dua pegunungan. Cocok sebagai wisata keluarga yang senang menikmati keindahan alam dan udara bersih, jauh dari hiruk pikuk kota dan fasilitas bungalow. Sore yang berkabut tebal serta udara dingin sungguh menambah keunikan daerah ini.
Didalam taman terdapat danau Beratan dengan kios-kios menjual rempah-rempah dan anggrek atau tanaman lain.
Dengan keanekaragaman flora dan pohon yang tinggi-tinggi terdapat petualangan memanjat pohon menggunakan tangga tali.

14. Kintamani Bali menawarkan suasana perbukitan seperti di kawasan Bedugul dengan suhu 18 derajat celcius. Daya tarik utama adalah pemandangan Danau Batur dan gunung Batur.
Gunung Batur merupakan gunung berapi yang masih aktif dan gunung tertinggi ke dua setelah gunung Agung. Dan danau Batur adalah danau kawah yang mengeluarkan asap dan mata air panas yang bergolak.

15. Candi Dasa terdapat resort tempat peristirahatan dimana candi Dasa. Terletak di teluk Amuk yang merupakan tempat terkenal menyelam untuk menikmati pengalaman yang menakjubkan didasar laut. Terdapat pulau-pulau kecil di teluk Amuk yaitu Gili Biaha, Gili Mimpang dan Gili Tepekong.
Arus laut sangat kuat jadi para penyelam harus didampingi dengan yang berpengalaman. Dikawasan candi Dasa suasananya mirip Kuta. Fasilitas hotel berkelas dan restoran di dampingi kios-kios penduduk menambah unik saat malam karena lampu bertebar membuat daerah ini bercahaya. Fasilitas layanan perahu dan boad untuk melihat pulau kecil, menikmati panorama alam yang indah atau memancingpun sering dilakukan pada agenda wisatawan.

16. Garuda Wisnu Kencana adalah objek taman wisata yang terdapat landmark dan maskot Bali berupa payung raksasa Dewa Wisnu yang sedang menaiki Garuda setinggi 12 meter.
Lokasi patung Garuda Wisnu Kencana merupakan karya pematung Bali. Dan dijadikan icon bagi wisatawan Bali.
Patung ini dapat memproyeksi jarak pandang sampai 20 km. Sehingga dapat terlihat dari pantai Kuta, Sanur, Nusa Dua dan Tanah Lot.
Terdapat fasilitas  pagelaran seni,;Street Theater, Plaza kura-kura exhibition Gallery, Cafe, Restoran dsb.
Legenda patung berdasarkan cerita Dewa Wisnu yang beragama Hindu yang merupakan dewa pemelihara atau sthiti yang menunggangi burung Garuda. Legenda cerita burung Garuda ini dilindungi Dewa Wisnu saat berbakti menyelamatkan ibunya dari perbudakan. Garuda ini sebagai pelambang kebebasan dan pengabdian tanpa pamrih.
Di dekat patung Dewa Wisnu terdapat mata air keramat yang bernama Parahyangan Samoka Giri disini mengalir air dengan kandungan mineral mineral utama. Sehingga di jadikan tempat kunjungan spiritual dan meditasi. Dan air ini dipercaya dapat menyembuhkan, penduduk Bali mengambil air bertuah ini untuk upacara memohon hujan untuk mendapatkan panen yang bagus.
Parahyangan Samoka Giri sering digunakan untuk pencerahan pikiran lahir dan bathin.

17. Jimbaran Bali adalah objek wisata makanan laut terfavorit di Bali. Disini sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Dengan kondisi pantai yang indah menambah romantis suasana. Dengan hidangan seafood dipinggir pantai sambil menikmati sunset.
Lokasi 20 menit dari Kuta, 10 menit dari Airport Ngurah Ray sehingga dapat melihat aktifitas Bandara dimana pesawat landing atau take off.
18. Museum Bali dahulu bernama Gedong Arca
19. Air panas Banjar yang terletak di dekat biara Budha, di kelilingi alam pedesaan yang unik.