SUMATERA UTARA

SUMATERA UTARA ibukotanya Medan , Bagian dari wilayah kepulauan Indonesia. Kota Medan adalah pintu gerbang wilayah wisata Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, tempat wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba, yang terkenal sebagai tempat wisata Indonesia, serta Pantai Cermin, yang tekenal dengan pemandangan lautnya dilengkapi dengan waterboom Theme Park

Dari sekian banyak obyek Wisata Sumatera utara yang paling terkenal adalah Wisata Alam Danau Toba yang ditengah-tengahnya terdapat pulau Samosir. Danau Toba Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata terpopuler di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara, 


Wisata Sumatera Utara Sumatera Utara adalah sebuah provinsi dengan ibukotanya Medan, dan mempunya banyak sekali obyek wisata antara lain obyek Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja .

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dan di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau ini lebih mirip lautan dibandingkan danau. Suasana yang adem dan menyegarkan, pemandangan yang indah dan memesona, dengan pegunungan yang mengelilingi daerah ini mungkin akan membuat pengunjung betah. Pulau Samosir terletak dengan megahnya di tengah-tengah pulau. Di tengah-tengah Samosir, masih ada danau lagi, yang menambah keunikan tempat wisata ini selengkapnya lihat danau Toba dan Wisata Sumatera Utara Lainnya. Taman Nasional Gunung Leuser Gunung Sibayak Danau Toba Air Terjun Sipiso-piso pulau Asu Istana Maimoon Istana Sultan Serdang Makam Sultan Serdang Kuil Shri Mariamman Hommbo Batu Tari Serampang Duabelas Taman Wisata Iman Dairi Kota Brastagi Kain Ulos.
Ada banyak bangunan-bangunan tua di objek wisata Medan yang masih menyisakan arsitektur khas Belanda. Contohnya: Gedung Balai Kota lama, Kantor Pos Medan, Menara Air (yang merupakan ikon kota Medan), Titi Gantung - sebuah jembatan di atas rel kereta api, dan juga Gedung London Sumatera. Objek-objek tersebut merupakan salah satu wisata Medan bersejarah yang sangat menarik.

Selain itu, masih ada beberapa bangunan objek wisata Indonesia bersejarah di Kota Medan, antara lain Istana Maimun, Mesjid Raya Medan, dan juga rumah Tjong A Fie di kawasan Jl. Jend. Ahmad Yani (Kesawan).

Daerah Kesawan yang menyisakan bangunan-bangunan tua (misalnya bangunan PT. London Sumatra) dan ruko-ruko tua seperti yang bisa ditemukan di Penang, Malaysia dan Singapura kini telah disulap menjadi sebuah pusat jajanan makan yang ramai pada malam harinya.

Saat ini Pemerintah Kota Medan merencanakan Medan sebagai Kota Pusat Perbelanjaan dan Makanan. Diharapkan dengan adanya program ini menambah arus kunjungan wisata Kota Medan dan lama tinggal wisatawan ke kota ini serta berimbas kepada tempat wisata Sumatera lainnya.

Di daerah Kesawan ini, terdapat Kantor Notaris/PPAT Hj. Chairani Bustami, S.H. yang merupakan salah satu Notaris tertua di Medan, setelah Alm. A.P. Parlindungan, S.H. Saat ini Hj. Chairani telah pensiun dan aktif mengajar di Universitas Sumatera Utara. Aktivitas kantor ini kemudian digantikan oleh putra-putri beliau yang juga meneruskan profesi orang tuanya sebagai Notaris.